Sabtu, 15 September 2012

Cara mempercepat proses startup/booting



CARA MEMPERCEPAT PROSES STARTUP/BOOTING

1. Lakukan defrag pada partisi windows atau partisi C secara berkala agar akses data untuk system bisa lebih cepat, sehingga bisa meningkatkan kecepatan startup Windows. Perangkat untuk defrag hardisk bisa diakses melalui Start menu>Accessories>System tools>Disk Deframenter.

2. Matikan service dan startup application yang tidak perlu. Salah satu penyebab startup windows terlalu lama adalah ada service atau aplikasi yang berjalan otomatis pada saat startup. Dengan begitu Windows akan menjalankan service dan aplikasi tersebut bersamaan dengan proses startup sehingga jika anda menonaktifkan service atau aplikasi yang berjalan otomatis tentu bisa mempercepat waktu startup. Untuk pengaturannya buka Start menu>ketik msconfig pada kotak pencarian lalu tekan Enter.

3. Pengaturan Service
Terdapat daftar service yang ada pada windows baik sedang berjalan atau tidak. Perhatikan bagian startup type jika automatic berarti bisa jadi ikut dijalankan pada startup windows. Anda bisa mengaktifkan atau merubah startup windows dan bisa menon-aktifkannya atau merubah startup type menjadi manual. Caranya klik kanan salah satu service>properties>pilih jenis startup type. Hati-hati dalam melakukan pengaturan service ini karena siapa tahu yang di non-aktifkan justru yang dibutuhkan system. Jika anda tidak mengetahui fungsi dan tingakt keutuhannya sebaiknya dibiarkan default saja.

4. Meminimalisasi Visual Appearance
Windows Aero merupakan salah satu fitur menarik yang menjadikan windows 7 tampil indah, tampilan Glossy. Didukung dengan tema-tema menarik menberikan nilai lebih pada visualisasinya. Tapi dibalik keindahan ini, aero dan tema yang digunakan ternyata menggunakan cukup banyak memori. Anda bisa menggunakan tema windows 7 basic atau classic untuk menghemat penggunaan memory sehinngga alokasi memori bisa dipakai untuk mengoptimalkan fungsi startup windows yang lain.
Caranya: klik kanan>desktop>personalize>pilih windows 7 basic atau windows classic yang tidak menggunakan aero.

5. Bentengi dengan Anti-virus
Membentengi windows dengan anti-virus adalah metode yang baik untuk mencegah virus atau program jahat masuk dan berkembang biak di dalam system. virus dan program jahat yang berkembang dan berkeliaran bebas di dalam sistem windows bisa menghabiskan resource  tanpa disadari dan dampaknya waktu startup yang lambat. Sebelum itu terjadi bentengi segera dan jangan lupa untuk melakukan update database anti-virusnya secara berkala untuk mengenali jenis-jenis virus baru,

6. Upgrade Hardware
Upgrade hardware komputer  adalah solusi terbaik. Upgrade Processor, RAM, Graphic card, Motherboard, memang membutuhkan dana yang tidak sedikit tapi bisa menyediakan resource lebih yang dapat digunakan untuk optimalisasi startup windows.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar