Sabtu, 08 September 2012

Teknologi Informasi

Apa Peranan Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari?

>Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan dimana memberikan andil besar terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, transportasi, kesehatan dan penelitian. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi informasi dan komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitas. Beberapa penerapan dari teknologi informasi dan komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sector perbankan, pendidikan, dan kesehatan.

-Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan
 Penerapan teknologi informasi dan komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprise Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup system manajemen dalam perusahaan, cara lama kebanyakan.

-Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis
Dalam dunia bisnis teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara ektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.

-Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan
Dalam dunia perbankan teknologi informasi dan komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui internet banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.



-Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan.
Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.

-Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan.
System berbasis kartu cerdas (Smart Card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang data ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan computer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.
Boleh diakui masyarakat masa kini tidak bisa lepas dari internet. Internet bisa menguntungkan namun terkadang bisa juga merugikan. Empat puluh tahun sejak ditemukan internet terus berevolusi.
Selain mendapat keunggulan lebih cepat, lama penyimpanannya dan luas sebarannya tidak dapat dipungkiri juga terdapat kelemahan dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, diantaranya lemah dari sisi keamanan, kelemahan terbesar internet saat ini adalah kurang mapannya teknik manajemen jaringan. Itu sebabnya, salah satu lembaga bernama National Science Foundation berambisi dalam membuat perangkat manajemen jaringan terbaru. Dengan perangkat ini system reboot, pengumpulan data dan tugas lainnya bisa dilakukan secara otomatis.


 Apa yang menyebabkan Teknologi Informasi berkembang begitu pesat saat ini?

   >Penyebab berkembang pesatnya Teknologi informasi saat ini disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:
-Dalam kehidupan sekarang maupun masa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan dan sangat dibutuhkan. Siapapun yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya. Teknologi informasi banyak berperan dalam berbagai bidang, antara lain : Bidang pendidikan (e-education).
-Pengaruh besar kehidupan untuk kebutuhan teknologi ini telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka dan bebas, maka cenderung bahwa pendidikan masa mendatang akan bersifat luwes (flexible), terbuka, dan dapat diakses oleh siapapun juga yang memerlukan tanpa pandang faktor jenis, usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya.
- E-government mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan internet. Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain.
-Globalisasi juga membawa dampak yang signifikan pada perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Hal ini membuat kesempatan untuk memperoleh iptek baru menjadi lebih besar. Namun, untuk dapat meningkatkan kemampuan ini, perlu dibangun daya adaptasi, asimilasi, dan kreativitas masyarakat yang kompatibel dengan persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan untuk tumbuhnya dan berkembangnya iptek dalam masyarakat dan bangsa Indonesia.


 Sebutkan Produk-Produk Teknologi Informasi!

รจ  >Dari zaman ke-zaman teknologi selalu berkembang pesat secara up to date (diperbaharui) sesuai dengan kebutuhan manusia. Dimulai dari komputer, software, hardware, gadget, handphone, dan lain sebagainya. Dengan adanya pembaharuan, dapat diketahui bahwa manusia berkecenderungan mempunyai rasa tidak puas dengan apa yang mereka miliki. sehingga membuat mereka ingin mencoba sesuatu hal yang baru dalam kehidupannya.
  
           Berbagai produk-produk dari teknologi informasi:                                                                              Produk teknologi informasi pada hardware:
•Processor
•VGA
•Mouse
•Monitor
      -CRT
      -LCD
•Printer
•Speaker
•Handphone 
      -Hp OS Java
      -Hp OS Android, dll
•dan lain sebagainya

        Produk teknologi informasi pada software:
• Perangkat lunak Aplikasi 
       -Pengolah Data (MS word) 
       -Pengolahan Angka (MS Excel) 
•Sistem Operasi 
       -Windows 
       -Linux
       -MacOsx 
•Perangkat lunak Gratis (Freeware) 
•Perangkat lunak Uji Coba (Trialware) 
•Dan lain sebagainya



Bagaimana cara atau solusi untuk menanggulangi dampak negatif dalam teknologi informasi?

    >Semakin majunya Teknologi Informasi, semakin banyak juga dampak negatif yang dibuat olehnya terhadap kehidupan manusia. Meskipun Teknologi Informasi mempunyai sisi yang positif, tetap saja ia juga mempunyai sisi negatif dimana sisi negatif ini harus kita singkirkan. Contohnya tidak jauh-jauh, kita lihat dunia maya atau biasa disebut dengan Internet.
            Dunia maya adalah dunia khayalan, dunia imajinasi atau dunia kedua setelah dunia nyata. Di dunia itu kita dapat berselancar mondar-mandir, kesana-kemari mencari tugas ataupun mencari yang tidak jelas yang membuat kita tahu semua yang ada di belahan dunia ini secara cepat dan instan yang diperantarai oleh Web, Blog, Social Network dan sejenisnya.
               Dari sini kita dapat memahami bahwa Internet mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan manusia. Pada bagian sisi negatifnyalah yang menjadi titik berat para pengguna Internet. Terdapat beberapa cara untuk menghindari dan menanggulangi sisi negatif tersebut, yaitu:
  1. Berinternetlah dengan Sehat. Artinya berinternet sesuai dengan kebutuhan.
  2. Bermain Internet (Komputer atau yang berhubungan dengan Teknologi Informasi) dengan Bijak.
  3. Lakukanlah Kegiatan yang lain. Seperti yg kita tahu, kita juga punya kehidupan nyata lainnya yang harus dijalankan.
  4. Tidak mengeklik link yang tak jelas atau link yang diperpendek yang bertujuan untuk menyembunyikan link aslinya (jika menurut anda link tersebut aman silahkan saja, tetapi jika menurut anda tidak aman jangan diklik).
  5. Memblokir situs-situs yang dianggap mempunyai dampak buruk.
  6. Mengurangi waktu bermain Internet atau Komputer.



Jelaskan Salah satu Fungsi dari Produk Teknologi Informasi!

       Pada zaman seperti ini banyak sekali teknologi informasi yang diaplikasikan dapat mempermudah pekerjaan manusia. Dimulai dari pekerjaan mendesain, memprogram, menghitung, dan lain sebagainya. Semua pekerjaan itu dapat dikerjakan dengan mudah karena adanya produk teknologi informasi yang mendukung semua pekerjaan itu.
           Salah satu produk teknologi informasi yaitu Laptop atau biasa disebut komputer jinjing. Dengan kita menggunakan laptop didalam pekerjaan kita, kita dapat mengetahui bagaimana laptop sangat mempunyai nilai fungsi yang tinggi karena laptop dapat dengan mudah mengerjakan pekerjaan secara efisien.
           Semakin maju teknologi informasi, maka semakin maju pula produk-produknya. Seperti mobile banking, dengan produk ini kita juga dapat mempermudah pekerjaan kita dengan cepat dan efisien tanpa harus bersusah payah (tanpa harus antri di ATM maupun datang ke bank hanya sekedar mentransfer uang ataupun membayar tagihan kita).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar