Rabu, 05 Desember 2012

Augmented Reality



Augmented Reality 


     Realitas tertambah atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda - benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.
      Sejarah tentang augmented reality dimulai dari tahun 1957 - 1962, ketika seorang penemu yang bernama morton heilig, seorang sinematografer, menciptakan dan mempatenkan sebuah simulator yang disebut Sensorama dengan visual, getaran dan bau. Pada tahun 1966, Ivan Sutherland menemukan head-mounted display yang dia claim adalah, jendela ke dunia.

      Tahun 1975 seorang ilmuwan bernama Myron Krueger menemukan Videoplace yang memungkinkan
pengguna, dapat berinteraksi dengan objek virtual untuk pertama kalinya. Tahun 1989, Jaron Lanier memperkenalkan Virtual Reality dan menciptakan bisnis komersial pertama kali di dunia maya.

     Tahun 1992 mengembangkan Augmented Reality untuk melakukan perbaikan pada pesawat boeing, dan pada tahun yang sama. Pada tahun 1999, Hirokazu Katou, mengembangkan ArToolkit di HITLab dan didemonstrasikan di APH, pada tahun 2000, Bruce.H.Thomas, mengembangkan ARQuake, sebuah Mobile  Game AR yang ditunjukan di internasional Symposium on Wearable Computers.

  Pada Tahun 2008, Wikitude AR Travel Guide memperkenalkan FLARToolkit yang merupakan perkembangan dari ARToolkit. FLARToolkit berbentuk Flash. Ditahun yang sama, Wikitude Drive meluncurkan sistem navigasi berteknologi AR di platform Android. Tahun 2010, Acrossair menggunakan teknologi AR pada I-Phone 3GS.


Cara mudah membuat Augmented Reality 

     Buat temen temen semua yang ingin membuat AR yang sederhana karena sudah banyak plugin yang mendukung untuk mempermudah kita membuat animasi AR, contoh nya saja AR-Media, AR-Light, tapi disini kita mencoba saja menggunakan plugin dari AR-Media untuk Google Sketchup, tapi sebelumnya kalian sudah pada tau google sketchup, Google sketchup sendiri adalah perangkat lunak desain grafis yang dikembangkan oleh Google. Pendesain grafis ini dapat di gunakan untuk membuat berbagai jenis model, dan model yang dibuat dapat diletakkan di Google Earth, atau dipamerkan di Google 3D Warehouse.

      Langkah-langkah membuat Augmented Reality:

1.   Install Google Sketchup 7 dan Augmented Reality Plugin (ARMedia) yang telah anda download.

2.  Setelah ArMedia selesai di install AR-Media akan menjadi plugin di Sektchup, kalau tidak belum menjadi
     plugin, harus ada sedikit yang di setting, buka file pada direktori C:\program files\google\google sketchup      7\plugin, setelah itu buka google sketchup anda, dan anda akan melihat logo ARmedia telah menjadi    
     plugin pada google sketchup..

3.  Buat gambar 3D di google sketchup, kemudian print marker AR-Media

4.  Setelah selesai di print teka plugin AR-Media yang ada di Google Sketchup Arahkan marker yang di print tadi di kamera komputer anda. kalau berhasil maka keluar animasi 3D dari marker yang di print tadi, tapi mungkin kalian semua agak kecewa karna AR-Media ini hanya dapat di gunakan selama 30 detik saja. tapi jangan berlarut pada kekecewaan ya temen temen .ini ada AR-Sights tidak jauh berbeda kok dengan AR-Media, di coba aja.



Gambaran Video Streaming Youtube Augmented Reality 





 
 
   

            



     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar